Selasa, 04 Desember 2012

                                        AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG


I. PENGERTIAN PERUSAHAAN DAGANG

         Perusahaan Dagang adalah bentuk usaha yang kegiatan usaha utamanya membeli barang dagang dengan tujuan menjualnya kembali tanpa mengubah sifat barang.  Namun, dalam penjualannya dapat mengubah kemasan dan dibuat label. Contoh perusahaan dagang antara lain: depot, show room, minimarket,supermarket, hypermarket, toko, swalayan.

        Kegiatan akuntansi yang dilakukan oleh perusahaan dagang selama menjalankan kegiatan usahanya antara lain menggunakan akun persediaan barang dagang, memperhitungkan harga pokok penjualan (HPP), serta menyusun laporan laba/rugi, baik dalam bentuk single step maupun multistep.

        Transaksi yang terjadi pada perusahaan dagang antara lain transaksi pembelian, penjualan, dan penerimaan. Transaksi tersebut akan berkembang menjadi beragam jenis transaki sejalan besarnya skala usaha. Semakin besar skala usahanya, semakin kompleks transksi yang terjadi pada suatu perusahaan dagang. Proses pencatatan akuntansi akan menyesuaikan dengan transaksi yang terjadi selama periode tertentu

0 komentar:

Posting Komentar

 
;